Rabu, 08 Desember 2010

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1.Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan oleh penulis tentang analisis pengelolaan wilayah pesisir berbasis masyarakat. Penelitian tersebut dilakukan pada daerah-daerah pesisir pantai yang mayoritas penduduknya berekonomi sulit.
3.2. Jenis Penelitian
Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu menjelaskan bahwa perekonomian nelayan kurang diperhatikan oleh pemerintah, dan bagaimana cara pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat pantai atau memperdayakan masyarakat pantai tersebut. Strategi pengembangan masyarakat pantai dapat dilakukan melalui dua pendekatan yaitu, yang bersifat struktural dan non struktural
3.3 Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan dua cara, yaitu pengumpulan data dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian yang telah terlihat kasusnya, sehingga mendapat informasi tentang fakta lapangan. Penulis juga mendapatkan kumpulan data dari bahan literatur-literatur bahan yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan penelitian tersebut. Dan juga pengelolaan berbasis masyarakat dapat diartikan sebagai sustu sistem pengelolaan sumberdaya alam di suatu tempat dimana masyarakat lokal di tempat tersebut terlibat secara aktif dalam proses pengelolaan sumberdaya alam yang terkandung di dalamnya,sepeti apa yang telah diteliti.



3.4.Populasi dan Sampel
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas: obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk di pelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya Populasi penelitian ini yaitu berbagai usaha pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat pantai, yang heterogen berasal dari berbagai latar belakang, sedangkan sampel adalah sebagai bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Penelitian ini merupakan peneletian yang bersifat umum dan menggunakan aplikasi dan apresiasi masyarakat dalam penentuan hasil akhir penelitian, sehingga dibutuhkan persepsi dan tanggapan masyarakat yang dipilih oleh peneliti sebagai sample untuk memperoleh informasi tentang penelitian ini.

















Daftar Pustaka

Costanza, R. (Ed.) (1991) Ecological Economics: The Science and Management of Sustainability, Columbia University Press, New York.

Harbinson dan Myers,1965, Manpower and Education : Country Studies in Economic Development

Kay, R. and Alder, J. (1999) Coastal Management and Planning, E & FN SPON, New York

Moh. Manshur Hidayat & Surochiem As, Artikel Maritim : Pokok-Pokok Strategi Pengembangan Masyarakat Pantai Dalam Mendorong Kemandirian Daerah, Ridev Institute Surabaya

Rokhimin D,1999, Prosiding : Perencanaan Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu Berbasis Masyarakat. Kerjasama Direktorat Jenderal Pembengunan Daerah dengan Coastal Recsources Management Project (CRMP/CRC-URI). Jakarta.

Rudy C Tarumingkeng,, (2001) Pengelolaan Wilayah Pesisir Yang Berkelanjutan, http://www.hayati-ipb.com/users/rudyct/grp_paper01/kel1_012.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar