Rabu, 08 Desember 2010

BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Pembangunan yang kurang merata disebabkan perekonomian yang kurang lancar di suatu negara pada umumnya dan khususnya daerah satu dengan daerah lain. Pembangunan memiliki dampak yang sangat penting dalam menanggulangi pengangguran khususnya pembangunan perekonomian. Apabila pembangunan perekonomian suatu daerah maju atau lancar, maka lapangan pekerjaan yang tersedia di suatu daerah akan semakin banyak. Akan tetapi bila kurangnya lapangan pekerjaan tetap terjadi maka akan menimbulkan pengangguran. Dalam arti lain pembangunan yang kurang merata secara tidak langsung akan mempengaruhi banyaknya pengangguran.
Dalam mengurangi pengangguran, sebenarnya terdapat beberapa stakeholder. Namun jika menilik pada akar permasalahannya, maka LSM lah merupakan solusi yang paling tepat dalam memecahkan permasalahan pengangguran. Ini dikarenakan LSM mampu memberikan pendidikan dan penyuluhan secara intensif dan dekat dengan masyarakat. Kegiatan penyuluhan tersebut meliputi pendidikan kewirausahaan, pelatihan keterampilan usaha, serta pendampingan dan monitoring evaluasi.
2. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang diutarakan di atas maka penulis memberikan saran:
1. Pemerataan pembangunan seharusnya diatasi tidak hanya di satu pihak stakeholder saja, akan tetapi membutuhkan peran dari ketiga stakeholder.
2. Pemecahan masalah pengangguran seharusnya dilakukan dari akar permasalahannya melalui peran LSM. Sehingga diperlukan penguatan LSM yang meliputi penguatan dana dan struktur kelembagaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar